Home > boleh dibuka, Devosi > Apakah Doa Rosario Adalah Doa Kepada Bunda Maria…???

Apakah Doa Rosario Adalah Doa Kepada Bunda Maria…???

Umat Katolik mengenal bahwa bulan Oktober adalah bulan Rosario. Namun sejauh mana kita memahami hal itu? banyak pengalaman yang mengatakan bahwa doa rosario adalah sebuah doa sangat ampuh dan penuh mukzizat, jika kita berdoa dengan sepebuh hati. Akan tetapi, sempatkah kita bertanya “apakah doa Rosario adalah doa kepada Bunda Maria?” Jika anda menjawab iya, maka jawaban anda kurang tepat. Masih banyak umat Non-Katolik dan sebagian umat Katolik yang mengira bahwa doa rosario adalah doa kepada Maria.

Doa Rosario merupakan doa khas umat Katolik. Namun seringkali timbul pro dan kontra mengenai doa tersebut. Perdebatan itu timbul karena adanya pertanyaan, mengapa kita harus berdoa Rosario, Mengapa kita harus berdoa kepada Maria. Sesungguhnya doa rosario adalah doa kepada Tuhan Yesus, dengan meneladani intersesi (bantuan doa) Bunda Maria. Melalui Maria menuju Yesus (Per Mariam Et Jesum). Didalam doa Rosario Bunda Maria menemani kita untuk merenungkan peristiwa kelahiran, penderitaan, dan kemuliaan Putranya. Dengan berdoa Rosario kita dapat merenungkan misteri kehidupan Yesus dengan sepenuh hati.

Rosary

Rosary

Doa Rosario adalah doa vokal dan doa batin yang dirangkai dari doa Yesus Kristus dan Salam Malaikat, Yaitu Bapa Kami dan Salam Maria, Doa tersebut adalah doa utama dan devosi umat beriman sejak berabad-abad yang lampau. Namun Gereja, menerima dan mengakuinya dalam bentuk dan metode yang kita kenal sekarang pada tahun 1214. Hal ini berkat St. Dominikus, Pendiri Ordo Pengkotbah.

Penghormatan terhadap Maria juga merupakan hasil perkembangan dalam Gereja, sejak abad XVII hingga abad XIX. Pada tanggal 1 Mei 1965, Paus Paulus VI dengan ensiklik Mense Maio menegaskan kembali tradisi kesalehan ini dengan menyatakan bahwa penghormatan kepada Bunda Maria pada bulan Mei merupakan “kebiasaan yang amat bernilai“. Adapun, kebiasaan bulan Oktober sebagai bulan rosario dinyatakan pertama kalinya oleh Paus Leo XIII pada akhir abad XIX yang menganjurkan umat beriman untuk berdoa rosario setiap hari pada bulan Oktober.

Bunda Maria di Lourdes dengan manik-manik Rosario

Bunda Maria di Lourdes dengan manik-manik Rosario

Paus Yohanes Paulus II (Alm), menyatakan “Rosario telah menyertai saya di saat-saat suka dan di saat-saat duka,” tulisnya. “Dalam rosario saya selalu menemukan penghiburan.” “…kuasa doa rosario sebagai sumber damai di dunia dan sumber damai dalam keluarga, …dan akan selalu merupakan doa dari dan bagi keluarga.” Dan kesempatan lain ia menyatakan bahwa doa Rosario merupakan doa favoritnya.

Marilah kita lebih jauh lagi mengenal tentang doa rosario. Ada doa-doa devosional Katolik Roma yang mengatakan pada rosario biasa, tetapi yang tidak termasuk yang biasa misteri Rosario Suci. Salah satu contoh adalah Rosario dari luka-luka Kudus pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-20 oleh Maria Martha Chambon Mulia, seorang awam Katolik Roma Suster dari Biara dari Ordo Visitasi di Chambery, Perancis. Dia melaporkan bahwa Yesus menampakkan diri kepadanya dan memintanya untuk menyatukan penderitaan nya dengan-Nya sebagai Undang-Undang Reparasi bagi dosa-dosa dunia. Suster Maria Martha dihubungkan tujuan berikut pengabdian kepada Yesus: “kamu jangan lupa … jiwa-jiwa di api penyucian, karena ada tetapi hanya sedikit yang berpikir mereka lega… The Holy Luka adalah harta karun harta untuk jiwa-jiwa di api penyucian. ”

Contoh lain adalah karangan bunga dari Kerahiman Ilahi diperkenalkan pada awal tahun 1930-an oleh Santo Faustina Kowalska, seorang biarawati yang tinggal di Płock, Polandia. Doa ini sering dikatakan sebagai doa rosario tetapi berdasarkan tema adalah rahmat. Ini berfokus pada tiga bentuk rahmat: untuk mendapatkan rahmat, untuk percaya dalam Kristus rahmat, dan untuk menunjukkan belas kasihan kepada orang lain. Pada tahun 2000, Pope John Paul II ditahbiskan pada hari Minggu setelah Paskah Kerahiman Ilahi Minggu, di mana umat Katolik Roma mengingat lembaga Sakramen Tobat.

Bulan Oktober didedikasikan untuk rosario suci, salah satu yang paling dikenal dari semua ibadah Katolik. Oktober mencakup Pesta Bunda Rosario (Oktober 7). Cara terbaik untuk merayakan bulan, tentu saja, untuk berdoa rosario, tetapi doa-doa tambahan ini dapat dimasukkan ke dalam doa-doa sehari-hari selama bulan ini juga.

Pustaka
Majalah Rohani Bulanan KUASA DOA edisi Oktober 2008
Saint Louis de Montfort “Secret of the Rosary” ISBN 978-0895550569
Pope John Paul II’s Apostolic Letter Rosarium Virginis Mariae Dominican Fathers on the Rosary http://www.catholic.org/clife/mary/promises.php
Rosary center http://www.rosary-center.org/conprom.htm
Rosary promises http://www.catholic.org/clife/mary/promises.php

Categories: boleh dibuka, Devosi Tags:
  1. 2 October 2009 at 04:03

    hai, senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, tulisan yang menarik🙂 … salam kenal yaa

    • 3 October 2009 at 10:01

      yupz sama-sama..

  2. oliva luaq
    14 August 2011 at 13:38

    trima kasih….blog ini amat sgat mmbantu saya smakin mmperdalam pngetahuan dlm iman. salam kenal:)

  3. 25 August 2012 at 09:57

    Saya senang bisa dapat info ini,,,,saya semakin memperdalam dalam iman
    salam dr saya ya,,,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: