Home > Kelas XII semester genap, Pendidikan Agama Katolik > Pelajaran 13: Aku Cinta Indonesiaku

Pelajaran 13: Aku Cinta Indonesiaku

Pada zaman pergerakan maupun zaman revolusi fisik, bangsa Indonesia yang waktu itu masih disebut penduduk Hindia Belanda bersatu dan bahu membahu untuk membebaskan diri dari penjajahan. Waktu itu, semangat nasionalisme dan cinta bangsa dan tanah air berkobar-kobar di dalam hati mereka. Kita dapat membayangkan bagaimana perasaan hati mereka ketika untuk pertama kalinnya mereka menyanyikan secara resmi lagu Indoneisa Raya (waktu itu masih berjudul” Indonesia”) pada hari sumpah pemuda 28 oktober 1928, dimana para pemuda dari berbagai suku di tanah air mengikrarkan : satu bangsa, dan satu bahasa, yang bernama Indonesia.
Kemerdekaan Indonesia sudah direbut dan dipertahankan dengan banyak korban. Korban lahir dan batin rela mereka tanggung demi cintanya kepada bangsa dan tanah air. Kini, sudah sesudah puluhan tahunkemerdekaan direbut dan dialami, semangat nasionalisme, semangat cinta bangsa dan tanah air, terasa mulai memudar. Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya antara lain:
o Tidak adanya motivasi yang kuat untuk mencintai bangsa dan tanah air. Pada masa revolusi fisik, cinta pada bangsa dan tanah air dikobarkan oleh motivasi merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Motivasi pada pembangunan bangsa dan tanah air terasa kurang kuat.
o Bangsa kita mungkin sudah diiijangkiti oleh semangat meterialistik dan konsumeristik yang sangat memupuk sikap “ ingat diri dan golongan” dan memudarkan rasa “ingat bangsa dan tanah air”.
o Mungkin saja pendidikan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta bangsa dan tanah air kurang digalakkan.

Bahkan, saat ini oleh berbagai peristiwa yang mencoreng nama baik Indonesia di dunai internasional, banyak warga negara malu mengaku sebagai orang Indonesia di luar negeri. Walaupun demikian, kita seharusnya tetap berusaha untuk mencintai bangsa dan negeri kita. Kita ada banyak hal yang indah dan patut dibanggakan dari negeri kita ini.

KEBANGGAAN NASIONAL

Suatu bangsa perlu merasa bangga atas dirinya. Supaya rasa kebanggaan nasional ini sehat maka dasarnya harus kenyataan bukan khayalan atau sesuatu yang dibuat-buat atau dilebih-lebihkan. Kebanggaan nasional adalah suatu faktor yang penting bagi perkembangan yang sehat, bagi rasa harga diri yang wajar, untuk bertahan dan dalam kesulitan dan untuk mencegah erosi kesadaran nasional, yaitu rasa kesatuan suatu bangsa yang berdasarkan keturunan, bahasa, kebudayaan, tanah air, dan sejarah atau nasib yang sama.
Dasar kebanggaan nasional antara lain keunggulan dan prestasi nyata dari bangsa itu, misalnya di bidang ilmu, sejarah, keindahan tanah air, dan sebagainya.
Bila rasa kebanggaan nasional tidak berkembang, sulit bangsa itu untuk berderap maju. Nah, apa saja yang dapat kita bangggakan dari bangsa dan tanah air kita?

1. Kebanggaan atas Bangsa dan Kebudayaan Kita
Bangsa kita sendiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki rupa-rupa raut wajah, warna kulit, tradisi , budaya, bahasa, busana, rumah adat, dan sebagainya. Kita sungguh bangsa yang “Bhineka Tunggal Ika”.

2. Kebanggaan atas Sejarah
o Bangsa kita pernah mengukir sejarah yang mengagumkan yang dapat kita lihat dari peninggalannya, seperti candi Borobudur, candi Prambanan, istana-istana kerajaraan atau kesultanan yang megah dan tersebar di seluruh tanah air.
o Bangsa kita dengan gagah berani telah merebut kembali kemerdekaan dan kedaulatannya dari para penjajah. Kita memiliki pahlawan-pahlawan nasional yang diakui dunia, seperti Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Syahrir. Bangsa Indonesia pernah memimpin gerakan kemerdekaan bagi Asia Afrika, gerkan negara-negara non blok, gerakan negara-negara new emergin forces, dan sebaginya.
o Singkatnya, bangsa kita pernah mengukir sejarah yang besar. Sayang akhir-akhir ini bangsa kita mengalami kemerosotan hampir pada segala bidang hidup: politik, hukum, ekonomi, budaya dan sebagainya. Akar semuanya itu adalah kemerosotan dibidang etika politik dan ekonomi. Bangsa kita menjadi bangsa yang mementingkan golongan, korup, munafik dan sebagainya.

3. Kebanggaan Atas Alam Indonesia yang Kaya dan Indah
o Negeri kita adalah negeri yang kaya, yang memiliki rupa-rupa kekayaan alam, seperti hutan, batu bara, minyak emas, dan sebagainya.
o Selain kaya, negeri kita juga indah. Ribuan pulau yang teruntai dari Sabang sampai merauke sudah merupakan keindahan tersendiri. Belum lagi gunung-gunung api yang megah dan keadaan yang mempesona, seperti tanah Toraja, Bukit Tinggi, Pelabuhan Ratu, dan sebagainya. Negeri kita memiliki danau-danau yang permai, seperti Kelimutu, Toba, dan Sentani. Pasir putih membentang di banyak pantai laut. Dan, lautnya kaya akan taman laut. Negeri kita pun kaya dengan flora dan fauna, khususnya fauna. Negeri kita memiliki banyak marga satwa langka, seperti buaya darat di Komodo, anoa di Sulawesi, badak di Jawa Barat, cendrawasih di Papua, dan sebagainya.
o Singkatnya, bagaimanapun juga kita memiliki bangsa dan tanah air yang patut dibanggakan dan dicintai.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: